Kalimat Sapaan dalam Bahasa Polandia

kalimat sapaan dalam bahasa polandia

Bagaimana Salam "Hai" dalam Bahasa Polandia

Kalimat sapaan merupakaan kalimat yang digunakan untuk menyapa seseorang atau suatu kelompok baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun acara formal. Pada bahasa Polandia, percakapan diklasifikasikan dalam percakapan non-formal dan percakapan formal. Percakapan formal memiliki bahasa yang lebih sopan dibandingkan non-formal. Percakapan formal biasanya dilakukan dengan orang asing, orang yang lebih tua, orang yang tidak terlalu akrab,  forum formal (seperti di toko, di kelas, di restoran) dan orang yang lebih berkuasa/dihormati (guru, dokter, bos). 

KONTAKT OFICJALNY

Percakapan formal ini digunakan ketika berbicara dengan:
1. Orang yang tidak dikenal atau tidak akrab.
2. Orang yang dihormati: misal guru, bos, dokter.
3. Orang yang lebih tua.
4. Orang yang ditemui dalam forum profesional: misal klien, supir taksi atau pelayan restoran.


Dzień dobry ("selamat pagi/selamat siang/selamat sore")

Kalimat sapaan ini bila diartikan langsung secara bahasa adalah dzień=hari, dobry=baik "hari baik"/ "good day". Dzień dobry digunakan dari pagi hingga matahari terbenam/mulai gelap. Baik untuk acara formal dan semi-formal, dzień dobry merupakan sapaan yang tepat untuk digunakan.

Pengucapan dzieÅ„ dobry: youtube

Dobry wieczór ("selamat malam")

Kalimat sapaan formal satu ini, digunakan saat malam hari atau setelah matahari tenggelam.

Pengucapan dobry wieczór: youtube

KONTAKT NIEOFICJALNY

Cześć ("hai";"dadah")

Sapaan ini memiliki dua arti yaitu "hai" untuk menyapa seseorang dan "dadah"/"bye" saat perpisahan. Cześć tidak pantas untuk digunakan menyapa profesor atau kasir di minimarket. Apabila menyapa seseorang yang kita tidak akrab menggunakan cześć, mungkin orang tersebut dapat merasa direndahkan (tidak nyaman) utamanya orang yang lebih tua. Cześć, sapaan informal yang umum digunakan, tetapi hanya di antara sahabat, teman, rekan sederajat, dan anak-anak. Jangan menggunakan cześć kepada orang yang kita panggil sebagai 'Pan' atau 'Pani'. 

Cześć digunakan untuk menyapa:
- Keluarga
- Teman
- Kolega
- Ayah, Ibu
- Kakek, Nenek

Lebih aman untuk mengatakan 'dzień dobry' atau 'dobry wieczór' jika tidak yakin apakah orang lain akan baik-baik saja dengan 'cześć'.

Pengucapan cześć: youtube

Hej ("Hai")

Sapaan informal ini, tidak sesering digunakan seperti cześć. Hej memeliki nuansa 'slang' sehingga lebih cocok untuk menyapa orang yang kenal baik. Hej sering digunakan saat mengobrol di pesan singkat, sedangkan cześć kerap digunakan saat berbicara dengan seseorang. Namun hal tersebut tidak pakem (tidak ada aturan pasti).  

Hej digunakan untuk menyapa:
- Keluarga
- sahabat
- sering digunakan saat SMS 

Siema ("what’s up")

Siema merupakan kata sapaan yang bernuansa 'slang' dan remaja. Kata ini biasanya mereka pakai untuk menyapa teman baik/sohib mereka agar terlihat keren. Siema mayoritas digunakan anak muda, orang tua mungkin tidak tahu kata ini. Namun tidak sopan untuk menyapa orang tua dengan sapaan 'siema'.

Siema digunakan untuk menyapa:
- Sahabat / sohib

Post a Comment