7 Rekomendasi Kamus Bahasa Polandia dan Odmiana Online Terbaik



polish dictionary recommendation słownik języka polskiego


Cześć.

    Rujukan untuk mengetahui dan memahami arti dari suatu kosa kata bahasa Polandia yang utama adalah kamus bahasa Polandia. Baik bagi pemula yang baru belajar bahasa Polandia ataupun orang yang sudah fasih, kamus tetap menjadi referensi penting untuk kata yang asing. Kamus memiliki fungsi yaitu mendefinisikan makna dari suatu kata dan fungsi lainnya adalah sebagai kamus terjemahan dari satu bahasa dengan bahasa lain. Berikut merupakan rekomendasi kamus bahasa Polandia online dari Bicara Polandia.

Kamus bahasa Polandia (PL-EN) untuk menerjemahkan perkata ataupun perkalimat

    Kamus yang termasuk daftar ini merupakan kamus terjemahan bahasa Polandia ke bahasa Inggris ataupun sebaliknya. 

1. Diki Słownik angielskiego
    
    Kamus ini merupakan kamus bahasa Inggris untuk penutur asli bahasa Polandia. Sehingga kelebihan dari kamus ini adalah contoh kalimat yang memiliki struktur yang bagus (baik contoh kalimat dalam bahasa Polandia maupun bahasa Inggris). Ketika menerjemahkan kata bahasa Inggris ke bahasa Polandia hasil yang ditampilkan adalah kata dalam bahasa Polandia dan contoh kalimat, tanpa deskripsi yang rinci. Sayangnya kamus ini tidak dilengkapi audio untuk pengucapan kata dalam bahasa Polandia dan tidak mendukung terjemahan perkalimat. Hasil terjemahan yang ada hanya berupa terjemahan perkata.

Bahasa                            : PL - EN

Terjemahan perkalimat    : Tidak mendukung

Link                                  diki.pl

2. Cambridge Dictionary

    Kamus ini merupakan kamus multibahasa, namun sayangnya tidak memiliki opsi untuk menerjemahkan bahasa Indonesia-bahasa Polandia. Sebelum penggunaan, pastikan pada bagian "choose dictionary" memilih Polish-English. Ketika menerjemahkan kata bahasa Inggris ke bahasa Polandia hasil yang ditampilkan menjabarkan deskripsi dengan jelas. Namun hasil tersebut tidak menampilkan contoh kalimat dalam bahasa Polandia. Untuk menampilkan contoh kalimat dalam bahasa Polandia diperlukan untuk menerjemahkan kata bahasa Polandia ke bahasa Inggris. Jika pengguna mencoba menerjemahkan kalimat, kamus ini tidak akan menampilkan hasil, tapi dapat diterjemahkan menggunakan "Translator" dari Microsoft  dengan scroll ke bawah.

Bahasa                            : PL - EN

Terjemahan perkalimat    : Diterjemahkan oleh Microsoft

Link                                  dictionary.cambridge.org

3. PONS Polish - English online dictionary

    Website ini selain mendukung terjemahan perkata, juga mendukung terjemahan kalimat. Selain itu, website ini terdapat audio untuk hasil terjemahan.

Bahasa                            : PL - EN

Terjemahan perkalimat    : Mendukung

Link                                  en.pons.com/translate/polish-english

4. DeepL

    Merupakan salah satu kamus terjemahan online yang sering direkomendasikan orang yang sedang belajar bahasa Polandia.

Bahasa                            : PL - EN

Terjemahan perkalimat    : Mendukung

Link                                  deepl.com

Kamus bahasa Polandia (PL-PL) dan website untuk mencari Grammatical Cases  (Odmiana)

    Kamus yang termasuk daftar ini merupakan kamus untuk mencari definisi dari kosa kata bahasa Polandia. Definisi tersebut dijelaskan dalam bahasa Polandia, sehingga untuk orang yang baru belajar bahasa Polandia mungkin memerlukan kamus terjemahan tambahan untuk menerjemahkan dari bahasa Polandia ke bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Meskipun  kamus jenis ini lebih merepotkan dalam penggunaan, namun terdapat fitur yang sangat membatu untuk mempelajari grammatical cases. Ketika mencari suatu kosa kata bahasa Polandia selain menampilkan definisi kata tersebut, kamus juga menampilakan perubahan akhiran kata yang terjadi akibat perbedaan grammatical cases. 

1. Słownik języka polskiego PWN 

    Selain menampilkan definisi dari suatu kosa kata, kamus ini juga menampilkan perubahan akhiran akibat grammatical cases. Untuk melihat perubahan akhiran yang sesuai untuk kosa kata yang dicari, perhatikan apakah kata tersebut merujuk pada manusia atau hewan atau tumbuhan ataupun benda mati. Karena utamanya kata bergender maskulin pada bentuk jamaknya memiliki bentuk akhiran yang berbeda tergantung makna kata tersebut.

Bahasa                       : PL - PL

Grammatical Cases    : Ada

Link                             sjp.pwn.pl


2. Wikisłownik / Wiktionary
    
    Pada website ini, jika kata memiliki beberapa makna maka tabel odmiana yang ditampilkan dapat lebih dari satu. Untuk mengetahui tabel odmiana yang tepat, maka perhatikan nomor yang terdapat diatas tabel dan nomor yang ada pada definisi.

Bahasa                       : PL - PL

Grammatical Cases    : Ada

Link                             pl.m.wiktionary.org


3. WSJP PAN (Wielki słownik języka polskiego PAN)

    Kelebihan website ini adalah mendefinisikan kosa kata dengan lengkap dan rinci. Kelebihan lainnya adalah jika pada kamus online di atas, suatu kosa kata memiliki lebih dari satu makna maka odmiana yang ditampilkan juga lebih dari satu. Pada WSJP, jika kata tersebut memiliki banyak makna, pengguna sebelumnya diminta untuk merinci kata tersebut terkait apa. 

Bahasa                       : PL - PL

Grammatical Cases    : Ada

Link                             wsjp.pl

Pada kamus WSJP, teman-teman akan menemui beberapa istilah baru yang terasa asing. Penjelasan penggunaan dan istilah pada WSJP dapat dibaca di sini

    Dari ketujuh kamus rekomendasi diatas, teman-teman dapat mencoba dan membandingkan yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jika teman-teman tertarik mencari aplikasi untuk belajar bahasa Polandia baik online maupun offline dapat membaca: 7 Rekomendasi Aplikasi Untuk Belajar Bahasa Polandia Autodidak

Dziękuję, cześć.

Post a Comment