7 Rekomendasi Aplikasi Untuk Belajar Bahasa Polandia Autodidak

rekomendasi aplikasi untuk belajar bahasa polandia


Cześć.

    Terdapat beberapa aplikasi di Google Play Store yang membantu dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Polandia. Normalnya dalam mempelajari suatu bahasa yang baru, kita memerlukan paparan terhadap bahasa tersebut sebanyak-banyaknya. Terlebih dalam belajar bahasa Polandia autodidak membutuhkan kemauan dan usaha yang lebih dalam mencari media penunjang pembelajaran. Bagi teman-teman yang ingin memulai belajar bahasa polandia berikut beberapa rekomendasi di HP android.

Belajar Bahasa Polandia dari Aplikasi di HP 

                                        1. English-Polish dictionary

kamus bahasa Polandia Offline

    Aplikasi ini merupakan kamus bahasa Inggris-Polandia offline. Dibandingkan aplikasi kamus serupa, aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan. Pada aplikasi lain, apabila kita mencari bahasa Polandia untuk suatu kata bahasa Inggris (misal: "go"), aplikasi lain akan hanya menampilkan alternatif-alternatif kata dalam bahasa Polandia tanpa penjelasan lebih lanjut (misal muncul hasil: "iść, chodzić, ..."). Sedangkan aplikasi ini dapat menampilkan keterangan lebih lanjut terkait perbedaan konteks penggunaan tiap kata (misal muncul hasil: "(on foot) iść (pójść perfective verb); (by car etc) jechać ..."). Hal ini memudahkan kita untuk menentukan pilihan kata dalam bahasa Polandia yang tepat. Kelebihan kedua adalah apabila kita mencari bahasa Inggris dari suatu kata benda dalam bahasa Polandia (misal kata: "plac"), hasil pencarian pada aplikasi ini, selain menampilkan arti kata dalam bahasa inggris juga menampilkan gender dari kata tersebut (misal muncul: "mesculine noun - rzeczownik męski" ; perlu diketahui dalam bahasa Polandia gender dari kata benda maupun subjek sangat penting dalam grammar). Kelebihan ketiga yaitu apabila mencari bahasa Inggris dari suatu kata kerja dalam bahasa Polandia (misal kata: "gotować"), hasil pencarian pada aplikasi ini akan menampilkan apakah kata kerja tersebut termasuk dalam kata kerja imperfective atau perfective (misal hasil pencarian menampilkan: "imperfective - niedokonany").

                                          2. Słownik angielskiego Diki


Kamus Bahasa Polandia Online

    Aplikasi ini merupakan kamus bahasa Inggris-Polandia online. Pada bahasa Polandia suatu kata dapat berubah bentuk akibat perbedaan gender subjek ataupun objek, selain itu juga dapat berubah karena kelas grammar dan tunggal-jamak (misal kata benda: "plac-placu-placem" yang berbeda bentuk namun memiliki arti yang sama yaitu square/plaza). Apabila kita menemukan kata "placu" dalam suatu kalimat bahasa Polandia, namun tidak mengetahui bentuk dasar dari kata tersebut. Pada aplikasi sebelumnya pencarian dari kata bahasa Polandia harus dalam bentuk dasar. Sedangkan menggunakan aplikasi Słownik angielskiego Diki, kita dapat langsung mencari kata "placu" tersebut dan akan menampilkan bentuk dasar "plac", arti dalam bahasa inggris "square/plaza" beserta contoh kalimat.

                       3. Belajar bahasa polandia by Drops Languages

Aplikasi belajar bahasa Polandia

    Aplikasi ini semacam flashcard yang membantu menghafal kata-kata dalam bahasa Polandia dengan cara yang seru. Pada aplikasi ini kita diajak menghafal kata baru dengan permainan yang dilengkapi animasi yang menarik. Selain itu juga terdapat audio pengucapan untuk tiap kata yang muncul. Pada periode tertentu akan ada pengulangan pertanyaan untuk meningkatkan memori. Hanya saja pada pengguna gratis dibatasi durasi penggunaan tiap hari dan kategori kata yang tersedia untuk dipelajari.

4. Memrise

Aplikasi belajar bahasa Polandia

    Aplikasi ini tingkat kesulitanya setingkat di atas aplikasi drop (aplikasi nomor 3). Pertanyaan pada aplikasi ini dikemas dalam bentuk permainan yang seru. Aplikasi ini akan menampilkan alternatif arti kata dan terdapat tantangan untuk menyusun kata dalam bahasa Polandia dari huruf yang disediakan.

5. Nemo Bahasa Polandia

Aplikasi belajar bahasa Polandia dan pengucapan

    Salah satu aplikasi untuk menghafalkan kata-kata dalam bahasa Polandia. Meski tampilan dan animasi tidak seseru dua aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini memiliki keunggulan yaitu kita dapat belajar pengucapan kata ataupun kalimat sederhana dalam bahasa Polandia dengan merekam suara kita dan membandingkan dengan audio contoh. Penilaian kemiripan suara dari kita sendiri.

6. Rosetta Stone: Belajar Bahasa


Aplikasi belajar bahasa Polandia dan pengucapan

    Aplikasi yang serupa dengan aplikasi Nemo (nomor 5). Aplikasi ini memungkinkan kita untuk menghafal kata dan mengucapkannya. Perbedaan dengan aplikasi Nemo adalah aplikasi ini memiliki animasi yang lebih baik dan penilaian kemiripan suara dilakukan oleh aplikasi itu sendiri. Selain itu cara penyajiannya lebih interaktif dibanding aplikasi Nemo.

7. Quizlet

Aplikasi belajar bahasa Polandia dan flashcard

    Dalam mempelajari bahasa baru, perlu dibiasakan untuk mengunakan bahasa tersebut. Aplikasi Quizlet ini memungkinkan kita untuk membuat flashcard sendiri dari kata-kata yang telah kita pelajari. Sehingga memori kita lebih kuat dalam menghafal kata-kata dalam bahasa Polandia.

Jika teman-teman memiliki pertanyaan terkait aplikasi untuk belajar bahasa Polandia, silakan berkomentar di bawah ini. 

Cześć.



Post a Comment